Senin, 10 Agustus 2015

Tutorial CorelDraw Menggunakan Text Tool




 DesainBelajarIlmu Tutorial CorelDraw Menggunakan Text Tool untukpemulaygseringdipakaidalammembuatkaryadesaingrafismenggunakan Corel Draw.Pada tutorial inikitaakanmempelajarbagaimanacarauntukmembuatillustrasidasaratau basic yang bisadilakukanpada software desaingrafis CorelDraw. Perludiingatkanbahwaberapapunversi CorelDraw Anda, mulaicoreldraw 9 sampai coreldraw X5 (terbarusampai tulisan inidibuat), tutorial inimasihbisadipakai.
Nah, Vector yang biasaandagambar di COREL ada 2 jenis, yaitu :
  1. SHAPE, bentukdasar( bulat, kotak, polygon, Text, dsb ) yang hanyabisadiaturpada Align, Transformasi, Shaping, dan Order nyadantidakbisalagi di MODIFIKASI / dieditsesuaikeinginankita.
  2. CURVE ( kurvaterbukadantertutup ), Shape ( bulat, kotak, polygon, Text, dsb) yang udah di Convert menjadi curves. Curve inibisakitamodifikasidenganmengatur shape pointnyasehinggahasilnyasesuaidengankeinginankita. Caranya ??Pilih shape>ctrl+Q!! Kemudian modifikasilah shape tadidenganmenggunakan SHAPE TOOL.!! Oke, lihatcontohdibawahini :
  3. Tutorial CorelDraw Membuat Shape Dasar

Teks yang dibuatmenggunakan text tool secara default berupa shape.Tulisanberupakalimat yang dibentukdengan text tool bisa di buatmenjadilebihmenariksepertimembuat text melingkar ataumenyesuaikandenganlekukangaris yang dibuatdaribezier tool.

Cara menggunakan Text Tool pada Corel Draw
Langkah 1
Buatdokumenbarupada lembarkerjacoreldraw dengancaraklik menu File > New [ CTRL+N ] kemudianklik OK.
Langkah 2
Pilih text tool yang adapada toolbox. Kita akanlihatapasaja yang adapada property bar.
Tutorial CorelDraw Menggunakan Text Tool
Langkah 3
Ada duabuahmacamtipeteks yang bisadihasilkandengan text tool, yaitu mode kata / kalimatdan mode paragraf.
Mode kata / kalimat

Untukmembuat mode kata / kalimatklik text tool padalembarkerjadantulis kata / kalimat.Untukmembuatgarisbarutekan enter.
Mode paragraph

Untukmembuat mode paragrafkliktahandangeserkekakan / kiri, lepaskan.Tuliskankalimathinggamembentukparagraf.Untukmembuatparagrafbarutekan enter.
Tutorial CorelDraw Menggunakan Text Tool
Notes :
Ketikasebuah tool shape terpilihdalamhalini text tool, makapada 
property barakanadapengaturan yang nantinyaakanmempengaruhihasilpembuatansebuah shape. Property bar iniakanberbedapadasetiap tool yang aktif, namunadabeberapa yang sama, sepertiukuran, letakobjekxy, ukurangaris, skalaobjekdan lain-lain.


Cara Mengedit Text Kata / Kalimatpada CorelDraw
1.    Shape tool

Klik pick tool padakemudianklik shape tool, klikkalimatdengan shape tool kemudian 1. arahkan mouse ke handle bawahuntukmengubahjarakantarkalimat, kliktahandangeser 2. Arahkan mouse ke handle kananuntukmengeditjarakantarteks, kliktahandangeser 3. Arahkan mouse ke node untukmemindahdanmemutarsatu huruf pada node terpilih.
Pada property bar
Supercriptdigunakanuntukmengubah huruf menjadikecil di atas
Subscript digunakanuntukmengubahhurufmenjadikecil di bawah
Tutorial CorelDraw Menggunakan Text Tool
4.    Pick Tool
Jikakitamenggunakan pick tool makakitaakanbisamerubah jenis font pada property, membesarkandanmengecilkan font denganmeng-kliktahangeser handle kotakbewarnahitam yang mengelilingikalimat yang dipiliholeh pick tool.
Mode perataan( align ) jugadapatdiaksesmenggunakan tool inidengancaramemilihdulukalimat yang ingin di edit danubah align pada property bar. Ada tidak rata, rata kanan, rata kiri, rata tengah, rata kanankiridan rata full kanankiri
Cara MengeditParagrafpada CorelDraw
Cara mengeditteksmenggunakan shape tool samadenganmengeditpadakalimat yang ada di atas. Untuk mode pembuatankolomparagrafklik pick tool kemudianklikpadaparagraf yang akandibuatmenjadikolom. Pada handle tenganhbawahkliksekalikemudiankliktahandangeser. Makatulisan yang adapadaparagrafakandisambungsecaraotomatismenjadisebuahkolom. Perpanjangataulebarkankolommelalui handle kotakhitampojokdansampingdengankliktahandangeser.
Tutorial CorelDraw Menggunakan Text Tool
Agar pembuatankolomsamagunakan guideline yang bisaditarik( kliktahangeser ) dari ruler ( view > ruler ) dankombinasikandengan fungsi snap to guideline. Selamatmencoba.

…………………………………………………………………………….

2 komentar:

Unknown mengatakan...

keren

Unknown mengatakan...

evia memang hebat. tiada taraaa

Posting Komentar

 
Blogger Widgets